ArtikelKesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan | Kesehatan | Tips Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan

Ragam Manfaat Buah dan Biji Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Sebarkan artikel iniShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0

manfaat buah pepaya dan biji pepayaSekelompok mahasiswa dari Universitas Karachi, Pakistan, telah meneliti manfaat kesehatan dari buah pepaya dan menemukan beberapa fakta tentang buah tropis yang lezat ini, termasuk perannya dalam mencegah terjadinya serangan jantung dan mengontrol penyakit diabetes.

Ragam manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh

Para peneliti mengatakan bahwa buah pepaya mengandung vitamin C, kalium, kalsium, zat besi, magnesium dan thiamin dalam jumlah yang cukup tinggi. Mereka juga mencatat bahwa enzim papain dalam pepaya dapat membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan.

Mengontrol penyakit diabetes
Selain itu, pepaya juga sangat bermanfaat dalam mengontrol penyakit diabetes. Para peneliti juga menegaskan bahwa kanker dapat dicegah melalui asupan harian pepaya, karena pepaya mengandung sejumlah zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti likopen dan lain sebagainya.

Membantu menurunkan berat badan
Jika anda sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, maka konsumsilah buah pepaya setiap hari, karena buah pepaya dinilai cukup efektif dalam membantu menurunkan berat badan.

Mengurangi risiko serangan jantung
Pepaya juga bermanfaat bagi orang yang mengalami hipertensi, sehingga secara tidak langsung pepaya juga dapat mengurangi risiko kemungkinan serangan jantung atau stroke. Oleh sebab itu, para peneliti menyarankan untuk selalu melibatkan buah pepaya dalam menu harian mereka yang mengalami hipertensi.

Membantu mempertajam penglihatan
Vitamin A dalam buah pepaya dapat membantu mempertajam penglihatan pada mata. Selain itu, buah pepaya juga bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

Mengatasi sembelit
Pepaya dapat mengatasi keluhan mual dan sembelit, serta melindungi diri dari pembentukan emfisema (gangguan pada paru-paru) di tubuh akibat kebiasaan merokok.

Manfaat lainnya
Buah pepaya juga bermanfaat sebagai detoksifikasi alami, membersihkan racun-racun yang berbahaya di dalam tubuh. Kandungan magnesium pada pepaya diketahui bermanfaat untuk menghilangkan jerawat serta dapat mempercepat penyembuhan akibat cedera.

Biji pepaya juga mengandung segudang manfaat

Selain buah pepaya, para peneliti juga menemukan bahwa biji pepaya juga mempunyai segudang manfaat.

Menjaga kesehatan ginjal
Jus biji pepaya diketahui bermanfaat dalam menjaga kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan biji pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, di mana zat-zat tersebut berperan penting dalam pencegahan datangnya kuman-kuman penyakit.

Melindungi tubuh dari infeksi dan mengusir parasit dalam tubuh
Biji pepaya dapat melindungi tubuh dari infeksi dan dapat digunakan untuk membersihkan parasit-parasit yang ada di usus seperti cacing parasit. Para peneliti menambahkan bahwa di Nigeria, sebanyak 76,7 persen anak-anak berhasil menyingkirkan gangguan parasit ini dengan minum jus pepaya setiap hari selama seminggu. Orang-orang di Jepang juga menerapkan hal yang sama di mana mereka mengonsumsi satu sendok teh biji pepaya untuk mencegah penyakit liver atau hati.

Mencegah tifus dan pembentukan tumor
Biji pepaya dapat dikonsumsi bersamaan dengan susu untuk mencegah penyakit tifus dan bermanfaat dalam menyembuhkan penyakit wasir. Biji pepaya mengandung senyawa khusus yang dapat mencegah pembentukan tumor, ujar para peneliti.

Itulah beberapa manfaat buah pepaya dan biji pepaya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Zeenews.india.com | Photo : anneahira.com

: Wednesday, March 13th, 2013
: , , , , ,
: manfaat biji pepaya, biji pepaya obat wasir, khasiat biji pepaya, biji pepaya obat ambeien, khasiat biji pepaya untuk wasir, pepaya bisa nggak ya menghilangkan ambean?, manfaat juice pepaya dan bijinya untuk penyakit ambeien, pepaya untuk ambeien, apa bisa pepaya sembuhkan wasir, pepaya bermanfaat bagi penyakit
Segala informasi yang ada di situs ini disediakan hanya sebagai referensi/rujukan saja dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat profesional. Artikelkesehatan99.com tidak bertanggung jawab atas penggunaan dan penyalahgunaan materi yang ada di situs ini. Semua merek dagang, merek dagang terdaftar, dan servicemarks yang disebutkan di situs ini adalah milik masing-masing pemiliknya.
Mungkin Anda Tertarik Dengan :close