Artikel Kesehatan

Mengapa Timbul Rasa Kantuk Setelah Makan?

BagikanShare on Facebook39Tweet about this on TwitterShare on Google+0

Mengantuk setelah makanKalori memberikan kita energi, namun tidak semua makanan dapat memberikan energi, malah sebaliknya dapat membuat kita mengantuk. Timbulnya rasa kantuk setelah makan adalah hal yang normal dan bukanlah hal yang aneh. Ada beberapa faktor yang menyebabkan anda mengantuk setelah makan.

Alasan kenapa kita mengantuk setelah makan

1. Darah mengalir lebih banyak pada saluran pencernaan

Sehabis makan, secara alami akan ada banyak darah yang mengalir menuju saluran pencernaan. Hal ini karena bertujuan untuk melakukan proses pencernaan makanan. Semakin banyak makanan yang dikonsumsi, semakin banyak pula aliran darah yang mengalir. Efek yang ditimbulkan adalah otak dan organ tubuh lainnya otomatis hanya mendapat sedikit oksigen & zat gizi, dibandingkan dengan saluran pencernaan. Hal tersebut akan merangsang rasa kantuk.

2. Proses pencernaan membutuhkan energi

Dibutuhkan banyak energi selama proses pencernaan berlangsung, sehingga hal itu akan membuat jumlah energi tubuh berkurang, dan merangsang rasa kantuk. Ini sama saja seperti orang yang habis melakukan kegiatan fisik atau olahraga.

3. Perubahan kadar asam lambung

Lambung akan mengeluarkan asam lambung lebih banyak ketika proses pencernaan makanan berlangsung. Hal ini menyebabkan level keasaman lambung berubah, yakni darah akan menjadi lebih asam. Kondisi ini akan membuat tubuh melepaskan banyak zat yang sifatnya basa, sehingga timbul kondisi alkaline tide, yang dapat merangsang rasa kantuk.

4. Makanan yang dikonsumsi

Rasa kantuk yang ditimbulkan juga bisa berasal dari makanan yang dikonsumsi. Makanan-makanan yang mengandung tinggi karbohidrat, terutama karbohidrat sederhana dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Hal ini akan merangsang kelenjar pankreas untuk melepaskan insulin dalam jumlah yang banyak. Akibatnya akan merangsang pula perubahan triptofan(salah satu asam amino penyusun protein) menjadi serotonin (neurotransmiter monoamino) sehingga menyebabkan rasa kantuk.

Tips agar tidak mengantuk setelah makan

  • Konsumsi makanan yang bergizi lengkap dan seimbang, yakni jumlah karbohidrat yang dikonsumsi tidak berlebihan.
  • Hindari atau setidaknya kurangi makan makanan yang mengandung tinggi gula dan tepung seperti pada roti atau kue.
  • Pilihlah sayuran seperti tomat, timun, jamur ke dalam menu anda, karena sayuran tersebut mengandung karbohidrat yang rendah.
  • Hindari makan dalam porsi besar sekaligus. Makanlah dalam porsi kecil.
  • Pilihlah makanan yang mengandung protein dengan kandungan lemak yang rendah. Anda bisa menemukannya pada ikan, kacang-kacangan, tempe, tahu, daging ayam tanpa kulit, dan lain sebagainya.
  • Kurangi konsumsi terhadap makanan yang tinggi akan triptofan seperti daging kalkun atau susu.
  • Lakukan gerakan-gerakan ringan seperti berjalan, stretching atau naik-turun tangga, beberapa menit setelah makan. Hal ini dapat menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki sirkulasi darah, sehingga tubuh akan lebih bugar.

Artikel Kesehatan | Female Kompas | image : olivierichiropractic.com

BagikanShare on Facebook39Tweet about this on TwitterShare on Google+0
Tanggal Publikasi November 27, 2012
Label
Kata kunci kenapa habis makan ngantuk, rasa ngantuk setelah makan, kenapa siap makan ngantuk, penyebab ngantuk setelah makan, habis makan kok ngantuk