ArtikelKesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan | Kesehatan | Tips Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan

Mencegah dan Mengobati Panu

panu | menghilangkan panu | mengobati panuPanu merupakan salah satu penyakit kulit. Jika di kulit anda terdapat bercak-bercak berwarna putih sebesar biji jagung, itu tandanya anda terkena penyakit kulit panu. Kulit yang terkena panu akan menjadi gatal jika tubuh sedang berkeringat. Berbagai faktor dapat membuat terjadinya penyakit kulit panu, beberapa diantaranya adalah :

  1. Faktor Genetik (Keturunan)
  2. Suhu udara di sekitar anda lembab dan panas
  3. Menggunakan pil KB
  4. Kehamilan
  5. Menggunakan obat antiinflamasi atau golongan steroid seperti deksametason, betametason, dan prednison.

Sumber penyakit kulit panu disebabkan infeksi jamur Pityrosporum ovale pada permukaan kulit. Bagian kulit manapun dapat didatangi penyakit kulit ini seperti pada kaki, tangan, pipi, perut, leher, dahi, punggung dan sebagainya. Walaupun panu tidak termasuk penyakit yang mematikan seperti penyakit jantung, namun panu dapat memberikan efek psikologis bagi si penderita yakni bisa menimbulkan rasa malu terutama bagi wanita.

Penyebab Timbulnya Panu

Jika sebelumnya dijelaskan beberapa faktor yang dapat mengindikasikan terjadinya penyakit kulit panu, maka kali ini akan dibahas mengenai penyebabnya yang lebih mengarah pada kebiasaan si penderita panu. Beberapa penyebab penyakit kulit panu diantaranya adalah :

  1. Kurang menjaga kebersihan badan seperti jarang mandi.
  2. Keringat yang berlebih kemudian mengering dan menimbulkan rasa lengket di kulit.
  3. Tertular dari penderita panu lainnya dari media seperti handuk atau pakaian yang dipakai untuk bersama.

Mencegah Timbulnya Panu di Kulit

Agar terhindar dari penyakit kulit panu, bisa dilakukan dengan cara yang sederhana yang berhubungan dengan kebiasaan anda.

  1. Mandi minimal 2 kali sehari
  2. Hindari menggunakan handuk atau pakaian bersama
  3. Jemur handuk setelah digunakan
  4. Cuci bersih pakaian yang kotor
  5. Ganti handuk dan pakaian sesering mungkin
  6. Usahakan simpan atau gantung pakaian pada tempat yang kering.

Mengobati Penyakit Kulit Panu

Bagi anda yang terkena penyakit panu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengobati panu yang ada pada kulit anda, diantaranya bisa dengan cara tradisional yang memanfaatkan tanaman-tanaman tertentu.

Kunyit
Kunyit bisa dimanfaat untuk mengobati panu dengan cara diparut kemudian dicampur dengan garam dapur atau garam kristal. Gosokkan campuran tersebut pada kulit yang berpanu.

Lengkuas
Sama halnya dengan kunyit, lengkuas juga dapat untuk mengobati panu. Caranya sama persis dengan kunyit.

Daun Pare
Campurkan pucuk daun pare dengan kapur sirih, setelah itu dihaluskan. Gosokkan campuran yang sudah halus tersebut pada daerah yang berpanu.

Daun Leunca
Campurkan pucuk daun leunca dengan garam kristal kemudian bungkus dengan daun pisang. Kukus hingga matang dan gosokkan pada kulit yang ada panunya.

Kulit Pohon Pinang
Serut kulit pohon pinang dengan pisang yang masih hijau. Gunakan serutan tersebut untuk digosokkan pada kulit yang berpanu.

Selain dengan cara tradisional, anda juga bisa menggunakan beberapa produk seperti :

  • Shampoo Selsun Orange 60ml yang bisa anda gunakan dengan mengoleskan pada tubuh yang ada panunya. oleskan di malam hari sebelum anda tidur.
  • Gunakan sabun JF Sulfur saat mandi.
  • Anda juga bisa mengkonsumsi kapsul sporacid 100mg sekitar 10 tablet dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

Jika anda peduli dengan penampilan anda, maka jangan biarkan panu menghampiri anda. Cegahlah dengan menjaga kebersihan tubuh anda, dan obati secepat mungkin jika kulit anda sudah terdapat panu. Semoga artikel ini bermanfaat.

: Tuesday, March 13th, 2012
: , , , , ,
: penyebab panu, penyakit kulit panu, Penyebab timbulnya panu, penyebab penyakit panu, obat panu kapsul, penyebab terjadinya panu, penyebab tumbuhnya panu, kapsul sporacid, sabun jf sulfur untuk panu, penyebab panu dan cara mengatasinya
Segala informasi yang ada di situs ini disediakan hanya sebagai referensi/rujukan saja dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat profesional. Artikelkesehatan99.com tidak bertanggung jawab atas penggunaan dan penyalahgunaan materi yang ada di situs ini. Semua merek dagang, merek dagang terdaftar, dan servicemarks yang disebutkan di situs ini adalah milik masing-masing pemiliknya.
Close
Selamat datang di Artikelkesehatan99.com
"Kesehatan tidak akan dihargai sampai suatu penyakit datang"
Thomas Fuller

"Kesehatan adalah keadaan di mana untuk katakan tidak pada obat"
W. H. Auden

..:: Kunjungan dan 'Like' anda sangat berarti buat kami ::..