ArtikelKesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan | Kesehatan | Tips Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan

Menatap Layar Komputer Terlalu Lama Sebabkan Masalah Penglihatan

menatap layar komputerMenurut sebuah laporan terbaru dari Vision Council (Asosiasi perdagangan nirlaba), rata-rata seseorang di jaman sekarang ini menghabiskan waktu sekitar 9 jam di depan layar, baik itu layar ponsel, komputer, tablet, ataupun televisi.

Hal tersebut mungkin terlihat sepele, namun kebiasaan itu dapat menyebabkan ketegangan pada mata, dan ini bisa menimbulkan permasalahan pada penglihatan.

Dampak Negatif Menatap Layar Komputer Terlalu Lama

Para peneliti mensurvei pada lebih dari 7000 orang dan menemukan bahwa waktu yang dihabiskan di depan layar televisi atau gadget terus meningkat, baik pada anak-anak ataupun orang dewasa. Selama kurun waktu satu tahun, jumlah orang yang mengaku menghabiskan waktu di depan layar hingga 10 jam terus meningkat sebesar 4 persen.

“Sekitar 70 persen orang dewasa di Amerika Serikat telah mengalami ketegangan mata seiring dengan meningkatnya penggunaan perangkat elektronik. Orang dewasa berusia 18 hingga 34 tahun mengalami ketegangan mata pada level yang lebih tinggi (45 persen) dibandingkan mereka yang lebih tua,” ujar para peneliti.

Seorang profesor bernama Douglas Lazzaro mengatakan bahwa menatap layar secara terus-menerus bisa menyebabkan sejumlah masalah, khususnya pada mata. Semakin lama seseorang melihat layar komputer atau gadget lainnya, ketegangan mata juga akan meningkat, dan hal ini bisa menyebabkan sakit kepala.

“Ketika kita sedang melihat layar televisi, komputer, atau tablet, kita juga akan memiliki kecenderungan jarang berkedip. Dan apabila kita kurang berkedip, mata kita akan mengering,” ungkap Dr. Douglas.

Asisten profesor Jacqueline Busingye, MD, juga mengatakan bahwa kekeringan yang terjadi pada mata tersebut bisa menyebabkan mata terasa gatal dan juga terasa seperti terbakar. Menatap layar terlalu lama juga bisa menyebabkan permasalahan pada penglihatan untuk jangka panjang.

“Beberapa orang ada yang meyakini bahwa menatap layar elektronik seperti televisi dapat mempengaruhi penglihatan dan menyebabkan mata menjadi rabun jauh. Hal ini memang terdengar kontroversial, namun beberapa bukti telah menunjukkan hal tersebut bisa saja terjadi,” ungkap Dr. Jacqueline.

via JPNN | image : tipdisease.com

: Thursday, February 20th, 2014
: , , ,
: Akibat mata menatap layar hp terus menerus, mata sakit ketika main hp, Melihat hp terlalu lama, mengatasi mata sakit akibat terlalu lama melihat handphone, menjaga mata mesti main hp terus, pengaruh orang yang melihat layar, penglihatan mata jadi pusing di depan lyar hp, pusing kebanyakan lihat layar handphone, pusing ketika terlalu lama melihat layar hp, pusing layar
Segala informasi yang ada di situs ini disediakan hanya sebagai referensi/rujukan saja dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat profesional. Artikelkesehatan99.com tidak bertanggung jawab atas penggunaan dan penyalahgunaan materi yang ada di situs ini. Semua merek dagang, merek dagang terdaftar, dan servicemarks yang disebutkan di situs ini adalah milik masing-masing pemiliknya.
Close
Selamat datang di Artikelkesehatan99.com
"Kesehatan tidak akan dihargai sampai suatu penyakit datang"
Thomas Fuller

"Kesehatan adalah keadaan di mana untuk katakan tidak pada obat"
W. H. Auden

..:: Kunjungan dan 'Like' anda sangat berarti buat kami ::..