Artikel Kesehatan

Manfaat Ikan Bagi Kesehatan Tubuh

KlikShare on Facebook28Tweet about this on Twitter3Share on Google+0

Para peneliti di seluruh dunia telah menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan secara teratur, satu atau dua porsi seminggu, dapat mengurangi risiko penyakit mulai dari asma pada anak hingga kanker prostat.

Mengonsumsi Ikan Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat ikan bagi kesehatanIkan termasuk makanan yang rendah lemak, tinggi protein dan merupakan sumber asam lemak omega 3 (lemak baik). Karena tubuh manusia jarang mendapatkan nutrisi penting ini dalam jumlah besar, maka ikan merupakan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi. Selain itu, ikan juga rendah lemak ‘buruk’ atau disebut asam lemak omega-6, di mana kandungan ini sering ditemukan dalam daging merah.

Seperti yang telah dijelaskan di awal, mengonsumsi ikan secara rutin sangat bermanfaat dalam mencegah dan mengurangi risiko berbagai macam penyakit serta gangguan kesehatan lainnya.

Manfaat ikan terhadap pengurangan risiko berbagai penyakit

Asma
Anak yang mengonsumsi ikan, lebih kecil kemungkinannya dalam mengembangkan penyakit asma.

Otak dan mata
Berkat kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya, ikan dapat memberikan manfaat kesehatan pada jaringan otak dan pada retina mata.

Kanker
Asam lemak omega-3 pada ikan dapat mengurangi risiko berbagai macam jenis penyakit kanker sebanyak 30 hingga 50 persen, terutama kanker rongga mulut, kerongkongan, usus besar, payudara, dan prostat.

Penyakit Kardiovaskular
Mengonsumsi ikan setidaknya setiap minggu sekali dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke dengan mengurangi pembekuan darah dan peradangan, meningkatkan elastisitas pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar lemak darah, dan meningkatkatan kadar kolesterol ‘baik’

Demensia
Orang tua yang mengonsumsi ikan atau makanan laut setidaknya sekali dalam seminggu memiliki kemungkinan risiko yang lebih rendah untuk menderita demensia, termasuk penyakit Alzheimer.

Depresi
Orang yang mengonsumsi ikan secara teratur memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk mengalami depresi. Hal ini karena depresi telah dikaitkan dengan rendahnya tingkat asam lemak omega-3 di otak.

Diabetes
Mengonsumsi ikan juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada orang yang menderita penyakit diabetes.

Penglihatan
Bayi yang disusui oleh ibu yang mengonsumsi ikan secara rutin diketahui mempunyai penglihatan yang lebih baik. Hal ini mungkin karena asam lemak omega-3 yang ditransmisikan dalam ASI.

Peradangan
Mengonsumsi ikan secara teratur dapat meringankan gejala rheumatoid arthritis, psoriasis, dan penyakit autoimun.

Prematuritas
Makan ikan secara teratur selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko melahirkan bayi prematur.

Demikian ulasan singkat tentang manfaat mengonsumsi ikan secara teratur. Bagi kita, warga Indonesia, tentunya tidak susah untuk mendapatkan ikan. Selain harganya yang murah dan mudah didapat, ikan mengandung segudang nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, jadi jangan lupa untuk mengonsumsinya minimal seminggu sekali. Anda bisa menikmati ikan dengan cara direbus, dipanggang, dikukus, ataupun digoreng. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikelkesehatan99.com | via medindia.net | image : althaeasoaps.com

Tanggal Publikasi May 26, 2013
Label
Kata kunci manfaat ikan, manfaat ikan konsumsi, manfaat ikan laut, fungsi ikan, kegunaan ikan