ArtikelKesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan | Kesehatan | Tips Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Untuk Pengobatan

Sebarkan artikel iniShare on Facebook31Tweet about this on Twitter0Share on Google+3

manfaat daun sirihManfaat Daun Sirih – Sirih tentunya sudah tidak asing lagi bagi anda. Hal ini karena tanaman sirih adalah tanaman asli Indonesia, sehingga cukup mudah untuk dijumpai di sekitar lingkungan kita. Yang sering dimanfaatkan dari tanaman merambat ini adalah terletak pada daunnya. Manfaat daun sirih cukup banyak untuk mengobati berbagai penyakit. Masyarakat Indonesia jaman dahulu sering memanfaatkan daun sirih dengan cara dikunyah dan biasanya dicampurkan dengan kapur sirih atau rempah-rempah. Mereka melakukan ini karena daun sirih dipercaya dapat menguatkan dan menjaga kesehatan gigi.

Selain itu, menurut beberapa penelitian, banyak manfaat daun sirih yang bisa diperoleh untuk mengobati beberapa penyakit dan kondisi seperti :

Batuk
Daun sirih bisa menjadi sebagai obat batuk. Untuk penggunaannya, siapkan 15 lembar daun sirih. Rebuslah dengan 3 gelas air sampai tersisa 3/4-nya kemudian minum dengan madu.

Luka bakar
Siapkan beberapa daun sirih segar,cuci bersih dan peras airnya, tambah sedikit madu kemudian bubuhkan pada area yang terdapat luka bakar.

Mimisan
Mimisan juga bisa diatasi dengan daun sirih. Siapkan selembar daun sirih segar yang agak muda kemudian dilumatkan, digulung dan sumbatlah hidung yang berdarah dengan gulungan daun sirih tersebut.

Bau Mulut, Pendarahan gusi, dan Sariawan
Daun sirih juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut. Siapkan 2 hingga 4 lembar daun sirih kemudian diremas, lalu diseduh, dan pakai untuk kumur. Sedangkan untuk menghentikan pendarahan gusi, anda juga bisa memanfaatkan daun sirih. Ambil 4 lembar daun sirih dan rebus dengan 2 gelas air. Gunakan rebusan tersebut untuk berkumur. Untuk Sariawan, siapkan 1 hingga 2 lembar daun sirih, bersihkan dan kunyah sampai lumat, buang ampasnya.

Bisul dan Jerawat
Bisul dan jerawat memang sangat mengganggu. Namun anda juga bisa mengobatinya dengan daun sirih. Untuk bisul, siapkan daun sirih secukupnya kemudian dicuci bersih, giling hingga halus. Oleskan pada bagian yang terdapat bisul kemudian dibalut. Ganti sehari 2 kali. Sedangkan untuk jerawat, ambil 7-10 lembar daun sirih lalu tumbuk hingga jalus, kemudian diseduh dengan 2 gelas air panas. Cuci muka yang berjerawat 2-3 kali sehari dengan air tersebut.

Bau Badan
Bau badan bisa juga dihilangkan dengan bantuan daun sirih. ambil 5 lembar daun sirih dan direbus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas. Minumlah di siang hari.

Keputihan
Daun sirih juga ampuh untuk mengobati keputihan. Cara penggunaannya adalah 10 lembar daun sirih direbus dengan 2,5 liter air, gunakan air tersebut saat hangat untuk mencuci daerah kewanitaan.

Susah buang air besar
Jika anda sedang mengalami susah buang air besar, cobalah minum jus daun sirih dengan campuran susu dengan sedikit gula atau madu untuk pemanisnya, karena jus ini dapat membantu memperlancar buang air besar.

Itulah beberapa manfaat daun sirih untuk mengobati penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Masih banyak lagi manfaat daun sirih yang lainnya, yang mungkin akan ditambahkan di lain waktu. Semoga artikel kesehatan tentang manfaat daun sirih ini dapat bermanfaat bagi anda.

: Monday, June 4th, 2012
: , , , , ,
: daun sirih, manfaat daun sirih, jus sayuran, apakah minum sirih merah bisa merusak ginjal, manfaat kapur sirih, kapur sirih obat bisul, Khasiat daun sirih untuk bisul, daun daun yang mengebati jantung, kapur sirih untuk mengobati bisul, manfaat dan khasiat daun sirih bagian daunnya cara penggunaannya
Segala informasi yang ada di situs ini disediakan hanya sebagai referensi/rujukan saja dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat profesional. Artikelkesehatan99.com tidak bertanggung jawab atas penggunaan dan penyalahgunaan materi yang ada di situs ini. Semua merek dagang, merek dagang terdaftar, dan servicemarks yang disebutkan di situs ini adalah milik masing-masing pemiliknya.
Mungkin Anda Tertarik Dengan :close