Artikel Kesehatan

Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Oleh Pengguna Kawat Gigi

KlikShare on Facebook3Tweet about this on Twitter0Share on Google+1

Kawat gigiKawat gigi memang dapat merapikan gigi anda. Namun anda tetap harus merawatnya secara berkala ke dokter gigi. Selain itu, anda juga harus memperhatikan makanan yang anda konsumsi. Makanan-makanan tertentu mengandung asam yang tinggi, dapat menyebabkan kerusakan gigi dan juga bisa menyerang gusi. Mengetahui makanan apa yang sebaiknya tidak anda makan saat anda sedang menggunakan kawat gigi merupakan suatu keharusan, karena hal tersebut dapat membantu mencegah bakteri, hilangnya email gigi, dan mencegah gigi rusak.

1. Makanan kenyal dan lengket
Hindari permen kenyal seperti karamel, permen jelly atau permen karet. Makanan ini sering menyangkut di kawat gigi dan agak sulit untuk dibersihkan. Menurut ahli ortodontik, permen-permen tersebut juga dapat merusak peralatan ortodontik seperti kawat gigi. Selain itu, makanan-makanan tersebut mengandung kadar gula yang cukup tinggi, dan berpotensi menyebabkan kerusakan gigi.

2. Makanan ringan yang renyah dan kue
Anda dapat terus mengemil, namun perhatikan apa yang anda makan. Hindari makanan ringan yang renyah seperti keripik, kue coklat, maupun popcorn. Ganti makanan ringan tersebut dengan puding rendah lemak untuk dikonsumsi di siang hari.

3. Roti dan makanan lainnya yang bertekstur keras
Makan roti yang bertekstur keras dapat menyebabkan goresan pada kawat gigi anda. Roti ini biasanya berbahan dasar gandum dan populer di Eropa. Selain itu, hindari pula roti bakar karena teksturnya juga keras. Pilihlah roti yang bertekstur lembut yang mudah dimakan. Beberapa buah-buahan dan sayuran mempunyai tekstur yang tidak lembut. Seperti timun atau wortel misalnya, sebaiknya anda tidak makan wortel yang masih mentah karena teksturnya cukup keras. Apabila ingin makan wortel, sebaiknya di rebus dulu. Begitu pula dengan apel yang teksturnya juga cukup keras dibandingkan dengan buah-buahan yang lain. Jika ingin makan apel, potonglah menjadi beberapa bagian agar mudah dikunyah.

Makanan lainnya yang sebaiknya dihindari saat menggunakan kawat gigi adalah makanan yang sifatnya asam, karena dapat merusak email gigi anda. Lemon dan limau termasuk dua jenis makanan yang bersifat asam. Hindari minuman yang dingin dan juga es batu pada minuman anda, karena dapat membuat retakan bahan perekat (semen) pada kawat gigi anda.

Artikel Kesehatan | eHow | gambar : kawat-gigi.com

Tanggal Publikasi November 22, 2012
Label
Kata kunci makanan yang tidak boleh dimakan saat memakai behel, serba serbi gigi berkawat, makanan yang dilarang saat memakai behel, makanan untuk orang berbehel, apa dampak pakai behel minum minuman bersoda