ArtikelKesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan | Kesehatan | Tips Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan

Info Penyakit : Artritis

Jumlah penderita artritis di seluruh dunia dari waktu ke waktu mengalami peningkatan yang signifikan. Penyakit ini sekarang menjadi salah satu penyebab utama kecacatan di seluruh dunia, khususnya Amerika Serikat. Jadi apa sebenarnya artritis itu? Bagaimana cara pencegahannya? Simak ulasan berikut ini.

Apa itu Artritis?

penyakit artritisArtritis (Arthritis) adalah bentuk kelainan pada sendi akibat peradangan dari satu sendi atau lebih. Ada lebih dari 100 macam bentuk artritis. Bentuk yang paling umum, osteoartritis (penyakit sendi degeneratif) biasanya diakibatkan karena adanya luka berat dan infeksi pada sendi. Selain itu, bisa juga karena faktor usia. Bentuk artritis lainnya adalah artritis reumatoid (rheumatoid arthritis), artritis psoriatik (psoriatic arthritis), dan beberapa penyakit autoimun lainnya.

Keluhan utama oleh orang yang mengalami artritis adalah nyeri sendi yang seringkali bersifat konstan. Rasa nyeri yang timbul disebabkan adanya peradangan yang terjadi di sekitar sendi, kerusakan sendi, keausan pada sendi, ketegangan otot, dan kelelahan.

Tanda-Tanda dan Gejala Artritis

Terlepas dari banyaknya jenis artritis, gejala-gejala umum dari semua penyakit artritis adalah rasa nyeri, pembengkakan, dan kekakuan pada sendi. Pada kasus-kasus artritis yang serius dapat mengarahkan pada gejala yang lebih rumit, termasuk pembengkakan kelenjar, penurunan berat badan, demam, kelelahan, dan gangguan kesehatan pada paru-paru, jantung, atau ginjal.

Siapa saja yang berisiko mengalami artritis?

Hampir setiap orang dapat mengalami artritis. Sekitar 350 juta di seluruh dunia menderita artritis, di mana 40 juta diantaranya adalah orang Amerika. Lebih dari setengah penderita artritis berusia di bawah 65 tahun, dan hampir sebanyak 60 persennya adalah wanita.

Bagaimana saya tahu jika saya mengalami artritis?

Langkah pertama dalam mendiagnosis penyakit ini adalah dengan mengetahui terlebih dahulu gejalanya (telah dijelaskan di atas). Apabila anda merasakan nyeri pada sendi atau peradangan berulang kali, pergilah ke dokter segera. Dokter mungkin akan meminta sampel darah anda dan meminta anda untuk melakukan proses sinar-x pada sendi yang bermasalah. Setelah berhasil didiagnosis, dokter akan mengirim anda ke seorang rheumatolog, seorang dokter spesialis ilmu penyakit dalam termasuk artritis dan penyakit terkait lainnya. Dari sana, anda akan dipersiapkan mengenai rencana pengobatan yang tepat untuk kondisi anda.

Tips mencegah artritis

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi risiko dalam mengembangkan penyakit artritis. Berikut adalah beberapa diantaranya :

1. Olahraga rutin
Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular, namun juga baik untuk tulang, otot, dan sendi. Untuk menghindari artritis, berolahragalah secara rutin, tidak perlu yang berat-berat, cukup dengan jalan kaki, jogging, bersepeda, dan lain sebagainya.

2. Peregangan
Peregangan akan mengencangkan otot dan dapat membantu meningkatkan jangkauan jarak dari sendi anda. Sebelum olahraga, pastikan anda telah melakukan pemanasan atau peregangan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya ketegangan otot, cedera, dan nyeri sendi.

3. Pilih makanan yang tepat
Tulang anda membutuhkan sejumlah nutrisi untuk tetap kuat dan sehat. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dan E serta kalsium akan membantu memperkuat tulang dan sistem otot.

4. Minum cukup air
Air membantu pembentukan tulang rawan pada sendi dan membantu menjaganya untuk tetap dilumasi. Hal ini dapat mencegah tulang untuk saling bergesekan satu sama lain. Oleh sebab itu minumlah air putih yang cukup setidaknya 8 gelas per harinya, agar kebutuhan tubuh terhadap cairan terpenuhi.

Artikel Kesehatan | via SheKnows & Wikipedia | image : 

: Tuesday, May 28th, 2013
: , , , ,
: tentang artritis, tentang arthritis, artikel artritis reumatoid, jurnal kesehatan tentang arthritis, makalah kedokteran tentang rheumatoid arthritis, makanan bahaya untuk osteoarthritis knee, mengenai arthritis, penyakit arthritis, penyakit artitis, jumlah penderita rheumatoid arthritis di indonesia 2013
Segala informasi yang ada di situs ini disediakan hanya sebagai referensi/rujukan saja dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat profesional. Artikelkesehatan99.com tidak bertanggung jawab atas penggunaan dan penyalahgunaan materi yang ada di situs ini. Semua merek dagang, merek dagang terdaftar, dan servicemarks yang disebutkan di situs ini adalah milik masing-masing pemiliknya.