ArtikelKesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan | Kesehatan | Tips Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan

Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

cara menghilangkan kutilCara menghilangkan kutil – Jika terdapat gumpalan daging yang tumbuh di kulit, bisa jadi itu adalah kutil. Kutil adalah daging tumbuh yang disebabkan oleh HPV (Human Papiloma Virus), dan hal ini terjadi karena penebalan lapisan kulit luar yang berlebihan. Kutil tidaklah menimbulkan rasa sakit, namun keberadaannya cukup mengganggu dan bisa menimbulkan pula rasa malu. Kutil dapat tumbuh di bagian tubuh mana saja. Bentuk dan ukuran kutil cukup bervariasi mulai dari yang kecil sampai yang besar.

Ada beberapa cara menghilangkan kutil yang muncul di permukaan kulit tubuh, tergantung tingkat resiko bahayanya. Jika kutil itu berbahaya, biasanya mengeluarkan darah ketika disentuh. Dan jika sudah begini, sebagian orang biasanya menempuh jalur operasi untuk menghilangkan kutilnya. Selain itu, cara menghilangkan kutil bisa juga dilakukan dengan cara alami dan tradisional.

Berikut beberapa cara menghilangkan kutil secara alami :

1. Cuka
Cuka adalah jenis asam lemah yang sering kita jumpai sebagai bumbu masakan. Kutil bisa diobati dengan cuka. Hal ini dikarenakan asam cuka memiliki kandungan bahan yang bisa merusak jaringan pertumbuhan kutil bahkan dapat menghilangkan kutil hingga ke akar-akarnya.

  • Caranya cukup mudah yakni dengan meneteskan cuka pada kapas kemudian oleskan pada kutil. Lakukan cara ini sampai 3-4 minggu maka kutil dapat lepas dengan akar-akarnya. Rasa perih akibat penggunaan cuka adalah hal yang biasa demi menghilangkan kutil.

2. Kapur Sirih dan Sabun Colek / Deterjen
Cara yang menggunakan kapur sirih dan sabun colek ini adalah cara menghilangkan kutil yang sudah umum digunakan masyarakat. Kapur sirih dan sabun colek apabila keduanya dicampur atau dikombinasikan dapat mengeringkan lapisan kutil. Jika rajin diterapkan, kutil bisa lepas hingga akarnya. Bagaimana caranya?

  • Campurkan 1/4 sendok teh kapur sirih dengan 1/4 sendok teh sabun colek (perbandingan 1:1), kemudian oleskan campuran tersebut pada kutil dengan menggunakan cotton bud. Tunggu sampai kering, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan proses ini beberapa kali sampai kutil benar-benar menghilang. Apabila kutil sudah hilang, oleskan bagian bekas kutil dengan obat antiseptik seperti bethadine agar lukanya kering.

3. Daun Dewa
Daun dewa sering digunakan nenek moyang kita sebagai obat penghilang tahi lalat, luka bekas terpotong, dan kutil.

  • Caranya adalah siapkan 5 lembar daun dewa kemudian dicuci dengan air hangat sampai bersih. Selanjutnya giling sampai halus dan balurkan gilingan daun dewa tersebut pada bagian yang terdapat kutil. Setelah itu balut dengan kain kasa supaya gilingan tersebut tidak berjatuhan.

4. Biji Jali
Cara menghilangkan kutil dengan biji jali mungkin kurang begitu akrab di telinga anda, namun biji jali cukup manjur dalam menghilangkan kutil.

  • Siapkan biji jali kering sebanyak 15 hingga 60 gram dan 6 gelas air. Caranya, rebus biji jali dengan 6 gelas air. Diamkan hingga air menyusut mencapai 2 gelas saj. Saring air rebusan tersebut dan minum sebanyak 2 kali sehari, 1 gelas setiap kali minum.

Demikianlah cara menghilangkan kutil secara alami dan tradisional. Walaupun kutil merupakan masalah sepele, namun jangan diremehkan. Obatilah kutil sesegera mungkin agar terhindar dari bahaya-bahaya lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

- Artikel Kesehatan -

 

: Saturday, March 24th, 2012
: , , , ,
: cara menghilangkan kutil, cara menghilangkan kutil secara alami, cara menghilangkan daging tumbuh, menghilangkan kutil, cara alami menghilangkan kutil, Cara ngilangin kutil, mengobati kutil, tips menghilangkan kutil, menghilangkan kutil secara alami, daging tumbuh di kulit
Segala informasi yang ada di situs ini disediakan hanya sebagai referensi/rujukan saja dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat profesional. Artikelkesehatan99.com tidak bertanggung jawab atas penggunaan dan penyalahgunaan materi yang ada di situs ini. Semua merek dagang, merek dagang terdaftar, dan servicemarks yang disebutkan di situs ini adalah milik masing-masing pemiliknya.