ArtikelKesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan | Kesehatan | Tips Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan

Beragam Manfaat Daun Sirsak

Sebarkan artikel iniShare on Facebook19Tweet about this on Twitter0Share on Google+0

Manfaat Daun SirsakManfaat Daun Sirsak – Sirsak tentunya sudah tidak terlalu asing lagi di telinga kita. Tumbuhan yang berasal dari Karibia ini memberikan segudang manfaat, baik itu dari daging buah maupun dari daunnya. Selain itu, biji sirsak yang beracun ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk insektisida alami, seperti halnya biji srikaya. Buahnya mengandung banyak karbohidrat dan vitamin, seperti vitamin C, vitamin B1, dan juga vitamin B2. Buah sirsak sering dimanfaatkan sebagai bahan baku minuman atau jus.

Namun sayangnya, kebanyakan orang memanfaatkan tumbuhan sirsak ini hanya pada buahnya saja, padahal manfaat daun sirsak pun juga banyak. Hal ini mungkin karena kurangnya informasi tentang manfaat daun sirsak. Oleh karena itu, pada artikel ini akan diulas mengenai beragam manfaat daun sirsak bagi kesehatan.

Beragam Manfaat Daun Sirsak

Daun sirsak bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal. Banyak kandungan senyawa pada daun sirsak yang dapat bermaanfaat bagi tubuh seperti annocatacin, linoleic acid, anonol, annomuricin, caclourine, muricapentocin, dan lain sebagainya. Senyawa-senyawa tersebut memberikan banyak manfaat bagi tubuh, berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat dimanfaatkan sebagai obat penyakit.

1. Melawan kanker
Fakta menunjukkan bahwa daun sirsak 10.000 kali lebih kuat pengaruhnya dalam melawan kanker jika dibandingkan dengan kemoterapi. Hal ini bukan tanpa dasar, mengingat sudah ada berbagai penelitian yang mengungkap hal ini. Diantaranya adalah sebuah penelitian pada tahun 1965, kemudian tahun 1976 yang dilakukan oleh National Cancer Institute yang menyatakan bahwa batang dan daun sirsak dinilai efektif dalam melawan sel kanker, serta juga penelitian dari Korea yang juga sepakat dengan temuan sebelumnya. Bahkan penelitian baru-baru ini menemukan bahwa daun sirsak dinilai sangat efektif untuk melawan sel-sel ganas pada 12 jenis kanker termasuk kanker pankreas, payudara, paru-paru, usus besar, dan kanker prostat.

2. Meningkatkan Energi dan Mencegah Radikal Bebas
Daun sirsak juga dapat meningkatkan energi tubuh anda, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga stamina, menghindari infeksi yang berbahaya, dan dapat mencegah radikal bebas.

3. Menyingkirkan Kutu
Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah dapat membantu anda dalam menyingkirkan kutu di kepala yang mengganggu.

4. Membasmi Kutu Busuk
Daun sirsak juga dapat digunakan untuk membasmi kutu busuk di rumah anda. Kutu busuk (bed bugs) adalah jenis serangga yang sering ditemukan di seprei atau celah-celah tempat tidur. Kutu busuk juga dikenal sebagai serangga yang suka menghisap darah manusia.

5. Mengatasi Gangguan Kulit
Daun sirsak juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai gangguan kulit seperti eksim. Eksim/Eksema atau dermatitis merupakan suatu kondisi peradangan yang menyebabkan kulit tampak melepuh.

6. Mengobati Penyakit
Daun sirsak bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti disentri, diare, masalah kandungan empedu, gangguan pencernaan, demam, batuk, hingga rematik.

7. Mengobati Luka dan Sebagai Media Kompresi
Daun sirsak bisa digunakan sebagai pertolongan pertama disaat sedang luka dan pingsan. Selain itu daun sirsak bisa digunakan sebagai kompresi untuk berbagai radang dan kaki bengkak.

8. Mengatasi Insomnia
Daun sirsak dapat digunakan untuk mengatur sistem saraf dan sudah terbukti menjadi obat yang efektif dalam mengatasi insomnia.

9. Menurunkan tekanan darah
Daun sirsak sangat baik bagi orang-orang yang sedang menderita masalah tekanan darah karena daun sirsak dapat membantu dalam menurunkan tingkat tekanan darah.

Demikianlah artikel tentang beragam manfaat daun sirsak. Semoga bermanfaat…

Artikel Kesehatan | Helthfuze | Wikepedia

: Tuesday, November 20th, 2012
: , , ,
: cara menghilangkan kutu busuk 100 ampuh, cara membasmi kutu busuk, obat pembasmi kutu busuk, obat kutu busuk, pembasmi kutu busuk, cara menghilangkan kutu busuk, obat pembasmi kutu kasur, kutu busuk, membasmi kutu busuk, cara membasmi kutu kasur
Segala informasi yang ada di situs ini disediakan hanya sebagai referensi/rujukan saja dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat profesional. Artikelkesehatan99.com tidak bertanggung jawab atas penggunaan dan penyalahgunaan materi yang ada di situs ini. Semua merek dagang, merek dagang terdaftar, dan servicemarks yang disebutkan di situs ini adalah milik masing-masing pemiliknya.
Mungkin Anda Tertarik Dengan :close