ArtikelKesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan | Kesehatan | Tips Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan

8 Tips Untuk Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Jam Kerja

rasa kantuk | menghilangkan rasa kantukRasa kantuk tidak mempedulikan waktu dan tempat. Dimanapun berada dan kapanpun itu, rasa kantuk bisa menyerang siapa saja. Sebagai contoh adalah di kantor. Disaat jam kerja atau ketika rapat penting, rasa kantuk bisa menyerang anda, otomatis hal tersebut akan mempengaruhi kinerja anda. Di Amerika, 1 dari 10 karyawan mengaku pernah tertidur saat jam kerja. Hal ini berdasarkan sebuah survei di sana.

Tentunya hal ini sangat memalukan jika anda ketahuan sedang tertidur di saat jam kerja, terlebih lagi ketika ada rapat yang sangat penting. Sebagai seorang karyawan anda dituntut untuk berkonsentrasi tinggi saat di kantor, terlebih lagi jika profesi anda berkaitan dengan hal-hal yang dituntut harus fokus seperti sopir, pengendali lalu lintas udara, dokter, dan sebagainya. Karena, jika anda sampai tidak fokus akibat rasa kantuk yang datang, akibatnya akan fatal bagi orang lain.

Namun bagi anda yang sering dilanda rasa kantuk tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips untuk menghilangkan rasa kantuk yang menyerang anda.

8 Tips Untuk Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Jam Kerja

1. Konsumsi Kafein
Minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, atau minuman berenergi dapat meningkatkan produksi adrenalin. Selain itu, kafein juga dapat menghambat zat kimia penyebab kantuk. Namun demikian harus dalam takaran yang tepat dan tidak berlebihan. Para ahli menganjurkan untuk tidak konsumsi kafein lebih dari 200mg perhari atau setara dengan 3 cangkir kopi.

2. Mengemil
Cari camilan sebagai teman anda disaat sedang bekerja. Tentunya cari camilan yang sehat, yang rendah kalori. Ngemil termasuk sebagai “obat” untuk mengusir kantuk. Camilan yang mempunyai protein tinggi dapat merangsang sel orexin pada otak yang akan mengirimkan impuls listrik. Hal ini akan membuat seseorang tetap terjaga dan waspada. Namun begitu sebaliknya dengan camilan yang banyak mengandung karbohidrat, sebab camilan seperti ini akan membuat kita mudah mengantuk karena dapat meningkatkan dan menurunkan kadar gula darah dengan sangat cepat.

3. Bergerak.
Duduk dengan waktu yang lama dapat menyebabkan rasa kantuk. Jika pekerjaan anda menuntut anda untuk duduk terus dan berhadapan dengan komputer, sebaiknya lakukan sedikit peregangan sekali waktu atau berjalan sebentar agar aliran darah kembali lancar.

4. Mendengarkan musik
Mendengarkan musik dapat mengembalikan mood dan mengembalikan tingkat konsentrasi anda disaat rasa kantuk mendera. Hal ini juga sesuai dengan hasil sebuah studi di Taiwan yang menemukan bahwa seseorang cenderung memiliki level konsentrasi tinggi saat mendengarkan musik ketika sebelum ujian berlangsung.

5. Menghirup aroma tertentu
Cobalah menghirup aroma tertentu karena dinilai cukup efektif untuk mengembalikan daya konsentrasi anda. Aroma-aroma seperti kayu manis, cokelat, kopi, dan pepermint cukup efektif untuk membuat mata tetap “on”.

6. Sinar matahari yang cukup
Seseorang yang kurang terkena paparan sinar matahari akan cenderung diserang rasa kantuk. Usahakan ruangan/tempat kerja anda mendapatkan cahaya matahari yang cukup agar terhindar dari kantuk saat bekerja.

7. Olahraga dan Tidur Cukup
Olahraga seperti joging atau lari pagi sebelum bekerja, dapat membuat tubuh lebih segar dan bugar, sehingga anda akan merasa bersemangat saat beraktivitas. Tidurlah yang cukup dan hindari yang namanya begadang, sehingga akan meminimalkan resiko akan rasa kantuk yang menyerang di saat jam kerja.

8. Konsultasikan dengan dokter
Bisa jadi rasa kantuk yang anda alami merupakan tanda adanya gangguan kesehatan pada diri anda seperti sleep apnea atau anemia. Oleh sebab itu bersegeralah untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai keluhan yang anda alami.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih..

Artikel Kesehatan – via kompas

: Thursday, March 8th, 2012
: , , , ,
: Obat ngantuk, minuman penghilang kantuk, menghilangkan rasa ngantuk saat bekerja, obat ngantuk di kantor, menghilangkan rasa kantuk saat bekerja, obat ngantuk saat bekerja, obat kantuk, obat penahan rasa ngantuk, obat penahan kantuk, obat mengantuk
Segala informasi yang ada di situs ini disediakan hanya sebagai referensi/rujukan saja dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat profesional. Artikelkesehatan99.com tidak bertanggung jawab atas penggunaan dan penyalahgunaan materi yang ada di situs ini. Semua merek dagang, merek dagang terdaftar, dan servicemarks yang disebutkan di situs ini adalah milik masing-masing pemiliknya.
Close
Selamat datang di Artikelkesehatan99.com
"Kesehatan tidak akan dihargai sampai suatu penyakit datang"
Thomas Fuller

"Kesehatan adalah keadaan di mana untuk katakan tidak pada obat"
W. H. Auden

..:: Kunjungan dan 'Like' anda sangat berarti buat kami ::..