Artikel Kesehatan

7 Penyebab Anda Sering Merasa Lelah

BagikanShare on Facebook41Tweet about this on TwitterShare on Google+2
Kelelahan | Lelah

image:imalwaystired.com

Tidak yakin apa yang menyebabkan anda sering lelah? Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan kelelahan, seperti dikutip dari nhs.uk, diantaranya adalah :

1. Duduk dalam satu posisi pada waktu yang lama
Duduk dalam satu posisi dengan waktu yang lama dapat mempengaruhi penggunaan energi anda, termasuk saat anda menonton TV atau bekerja dengan komputer anda. Oleh sebab itu, sering-seringlah bergerak, bangun dari kursi, atau hanya sekedar berjalan-jalan sebentar agar tubuh anda kembali dalam kondisi yang baik.

2. Postur tubuh yang buruk
Postur tubuh yang buruk juga mempengaruhi energi anda. Posisi tubuh yang membungkuk ke depan atau menyandarkannya di kursi akan menempatkan tulang belakang anda tidak dengan semestinya sehingga membuat tubuh anda merasa lelah. Semakin posisi punggung anda tidak baik, maka semakin banyak otot anda yang harus bekerja mengimbanginya. Jadi saat anda sedang bergerak, duduk, atau berdiri usahakan posisi tubuh anda tegak, tidak membungkuk.

3. Diet yang salah
Diet yang salah seperti diet rendah kalori terutama yang hanya mengonsumsi kurang dari 850 kalori per hari akan membuat anda merasa lebih lelah dan juga dapat mengganggu kesehatan anda. Jika anda ingin menurunkan berat badan, makanlah makanan sehat, hindari makanan cepat saji, hindari makanan yang mengandung tinggi gula, dan kurangi porsi makan anda.

4. Kurang terkena cahaya
Jika anda kurang terkena cahaya seperti sinar matahari ataupun kurangnya mendapat udara segar juga dapat menyebabkan tubuh anda merasa lelah. Maka keluarlah dari rumah anda walaupun hanya beberapa menit sehari agar mendapat cahaya yang cukup dan udara yang segar sehingga tubuh anda akan tetap fit seharian.

5. Sarapan dengan makanan yang tinggi akan gula
Sarapan dengan makanan yang manis seperti sereal olahan, kue, roti panggang olesan selai yang manis memang akan memberikan gelombang energi yang cepat dikarenakan tingkat gula darah yang juga dapat mencapai level tertingginya. Namun tingkat kadar gula yang tinggi tersebut akan cepat merosot beberapa jam kemudian. Hasilnya? Anda akan kehabisan energi. Jadi untuk mendapatkan energi yang stabil sepanjang hari, hindari makanan yang mengandung banyak garam dan gula. Anda bisa mencoba roti gandum dengan telur, susu skim dengan madu dan sebagainya.

6. Mengkhawatirkan sesuatu sepanjang hari
Jika anda mengkhawatirkan sesuatu sepanjang hari, denyut jantung dan tekanan darah anda akan meningkat, begitu pula dengan otot anda yang menegang sehingga menyebabkan kelelahan pada tubuh. Maka, anda harus sebisa mungkin menemukan solusinya dengan segera untuk menghilangkan rasa kekhawatiran tersebut agar tidak menjadi beban pikiran anda sepanjang hari.

7. Berolahraga dengan berlebihan
Olahraga teratur memang baik bagi kesehatan, namun melakukannya secara intensif setiap hari akan berdampak tidak baik pada tingkat energi anda. Olahraga dan istirahatlah secukupnya agar kesehatan dan tingkat energi anda tetap terjaga.

Artikel Kesehatan

BagikanShare on Facebook41Tweet about this on TwitterShare on Google+2
Tanggal Publikasi September 15, 2012
Label
Kata kunci lelah, kaki mudah capek, sering capek, kaki sering capek, kaki cepat lelah