ArtikelKesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan | Kesehatan | Tips Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan

7 Makanan Pencegah Gigi Berlubang

Sebarkan artikel iniShare on Facebook7Tweet about this on Twitter2Share on Google+0

Gigi BerlubangGigi berlubang adalah salah satu masalah gigi yang paling sering dijumpai. Gigi berlubang bisa dialami siapa saja dan tidak pandang bulu, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Penyebab gigi berlubang biasanya adalah bakteri pada mulut. Konsumsi makanan-makanan yang manis secara berlebihan juga menjadi penyebab gigi berlubang. Daripada mengalami rasa nyeri yang diakibatkan gigi berlubang, anda disarankan untuk merawat gigi secara teratur, mulai dari menyikat gigi seusai makan hingga memeriksakan gigi ke dokter gigi secara berkala.

Selain itu, berikut ini ada informasi mengenai tujuh makanan yang dapat membantu anda dalam mencegah gigi berlubang, diantaranya adalah :

1. Buah-buahan yang tidak manis
Jika anda sering mengonsumsi buah yang manis seperti anggur, maka gigi anda masih berkesempatan untuk berlubang. Pilihlah buah yang mempunyai kandungan gula yang rendah dan kaya serat seperti timun.

2. Sayuran berserat
Wortel dan juga sayuran berdaun hijau dapat menjaga gigi anda tetap sehat dan mencegah gigi berlubang. Hal ini dikarenakan sayuran-sayuran tersebut mengandung serat yang banyak.

3. Biji-Bijian
Makan biji-bijian yang belum digiling atau dihaluskan seperti beras pecah kulit (brown rice) sangat efektif untuk memerangi gigi berlubang.

4. Kismis
Kismis memiliki kandungan flavonoid dan polifenol yang dapat mengontrol bakteri di mulut dan memerangi gigi berlubang.

5. Makanan laut
Makanan laut seperti udang atau tiram mengandung kalsium yang cukup tinggi, yang dapat memperkuat gigi anda.

6. Permen karet bebas gula
Perment karet sering dianggap berbahaya untuk kesehatan gigi. Padahal ‘kegiatan’ mengunyah permen karet dapat menghasilkan asam yang dapat membentuk lapisan pelindung gigi. Oleh sebab itu, pilihlah permen karet yang bebas gula

7. Daun Mint
Mint adalah disinfektan alami. Mengunyah daun mint dapat memperkuat gigi dan melindungi gigi dari terjadinya lubang.

Itulah beberapa makanan yang bisa anda coba untuk membuat gigi tetap sehat dan kuat, serta mencegah terjadinya gigi berlubang. Lebih baik mencegah daripada mengobati, jangan sampai gigi anda berlubang yang dapat mengakibatkan rasa nyeri hingga berhari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Kesehatan | Boldsky | image : drmsmile.com

: Sunday, December 2nd, 2012
: , ,
: cara menguatkan gigi, menguatkan gigi, memperkuat gigi, cara memperkuat gigi, makanan menguatkan gigi, makanan untuk menguatkan gigi, makanan untuk memperkuat gigi, makanan pencegah sakit gigi, makanan yang menguatkan gigi, obat menguatkan gigi
Segala informasi yang ada di situs ini disediakan hanya sebagai referensi/rujukan saja dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat profesional. Artikelkesehatan99.com tidak bertanggung jawab atas penggunaan dan penyalahgunaan materi yang ada di situs ini. Semua merek dagang, merek dagang terdaftar, dan servicemarks yang disebutkan di situs ini adalah milik masing-masing pemiliknya.
Mungkin Anda Tertarik Dengan :close