Artikel Kesehatan

6 Tips Menjaga Sistem Imun Saat Musim Hujan Tiba

BagikanShare on Facebook28Tweet about this on TwitterShare on Google+0

menjaga sistem kekebalan tubuh saat musim hujanPada musim hujan seperti sekarang ini, mikroorganisme yang bertanggung jawab atas datangnya penyakit di tubuh akan berkembang biak dengan cepat. Apalagi jika hujan yang turun menyebabkan banjir. Sanitasi yang buruk dapat mempercepat penyebaran mikroorganisme serta penularan penyakit. Pada kondisi ini, tubuh anda menjadi lebih rentan terkena penyakit.

Tubuh mempunyai sistem imun yang berfungsi sebagai dinding pertahanan pertama untuk melawan mikroorganisme penyebab penyakit. Tetapi, dengan melonjaknya jumlah mikroorganisme, sistem imun yang biasanya mampu melawannya menjadi kewalahan. Akibatnya, tubuh pun terserang penyakit. Namun demikian, bukan berarti anda pasrah begitu saja jika hujan atau banjir sedang melanda. Ada beberapa cara agar sistem imun anda tetap kuat sehingga dapat melawan mikroorganisme penyebab penyakit yang jumlahnya semakin banyak.

Tips Menjaga Sistem Imun di Musim Hujan

1. Tidur yang cukup
Telah banyak penelitian yang menunjukkan tentang pentingnya cukup tidur bagi kesehatan. Hanya dengan memenuhi kebutuhan tidur yang cukup, sistem imun pun bisa menjadi lebih kuat. Ketika tidur, tubuh tidak hanya beristirahat, melainkan juga membiarkan sistem imun untuk bekerja dengan lebih efektif.

2. Makan teratur
Makanan merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan kekuatan sistem imun. Agar sistem imun tetap kuat, makanlah secara teratur sebanyak 3 kali perhari dengan porsi secukupnya. Perhatikan juga gizi makanan yang anda konsumsi. Selain itu, pastikan tubuh anda tercukupi kebutuhan akan vitamin. Hal ini dikarenakan vitamin bisa memperkuat sistem imun. Apabila anda ingin praktis, konsumsilah suplemen vitamin tertentu.

3. Cuci tangan
Mikroorganisme yang menyebabkan penyakit bisa ada di mana saja, termasuk tangan. Agar terhindar dari perpindahan mikroorganisme yang berbahaya dari bagian tangan ke dalam tubuh, maka anda dianjurkan untuk mencuci tangan lebih sering. Pastikan anda mencuci tangan dengan benar, yakni menggosok ke seluruh permukaan bagian tangan, jari, hingga kuku dengan memakai sabun selama kurang lebih 20 detik.

4. Mandi air dingin
Serius? Hal ini bukanlah mengada-ngada, karena mandi air dingin memiliki manfaat untuk membangunkan syaraf-syaraf di tubuh anda agar menjadi lebih segar dan membuat aliran darah semakin lancar. Hal inilah yang membuat sistem imun menjadi lebih kuat.

5. Olahraga
Olahraga sering menjadi rekomendasi para ahli sebagai aktivitas fisik yang bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Hal itu memanglah beralasan karena olahraga terbukti dapat memperkuat sistem imun. Olahragalah secara teratur, tidak perlu yang berat-berat, cukup dengan bersepeda, jogging, atau jalan cepat. Untuk waktunya tidak perlu lama, cukup 30 menit namun teratur setiap hari atau paling tidak 5 kali seminggu.

6. Konsumsi herbal alami
Mengonsumsi tanaman herbal alami seperti bawang putih, jahe, atau ginseng bermanfaat untuk meningkatkan kerja sistem imun. Herbal alami tersebut memberikan efek menghangatkan yang dapat melawan dinginnya udara dan juga mencegah tubuh dari serangan penyakit.

Artikel kesehatan | Health Kompas | Foto : mothercareproducts.com

BagikanShare on Facebook28Tweet about this on TwitterShare on Google+0
Tanggal Publikasi January 17, 2013
Label
Kata kunci