ArtikelKesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan | Kesehatan | Tips Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan

5 Penyebab Susah Buang Air Besar

Sebarkan artikel iniShare on Facebook44Tweet about this on Twitter0Share on Google+1

susah buang air besar | sembelitSusah buang air besar atau sembelit seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman. Banyak dari kita yang pernah mengalami sembelit, namun tanpa tahu penyebab sebenarnya. Ada beberapa pemicu yang menyebabkan anda susah buang air besar. Secara umum, penyebab sembelit adalah kurangnya konsumsi air dan serat. Jadi jika anda termasuk orang yang gemar makan daging-dagingan namun jarang makan buah dan sayur, maka anda rentan menghadapi masalah sembelit. Selain itu ada beberapa penyebab lainnya mengapa anda susah buang air besar, seperti yang akan diulas berikut ini.

Beberapa penyebab susah buang air besar

1. Stres
Faktor psikologis dapat mempengaruhi kinerja sistem darah secara keseluruhan. Contohnya pada orang yang sedang dilanda stres, saraf-saraf pencernaannya dapat terganggu, menyebabkan gerak peristaltik usus tidak bekerja dengan normal. Hal ini akan mengakibatkan susah buang air besar. Sembelit akibat stres tidak perlu ditangani dengan bantuan obat, cukup dengan menghindari stres.

2. Tidak kerasan di suatu tempat
Berdasarkan salah satu mitos, indikator orang yang betah atau kerasan tinggal di suatu tempat ialah buang air besar lancar di beberapa hari pertamanya. Jika susah buang air besar, itu tandanya dia tidak merasa nyaman atau kerasan di lingkungan barunya. Walaupun hanya mitos, kecenderungan ini ternyata sering terbukti benar karena berhubungan stres. Perasaan yang tidak nyaman di suatu lingkungan baru, mendorong seseorang untuk mengalami stres yang dapat memicu sembelit.

3. Salah makan
Ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu susah buang air besar. Makanan-makanan kalengan atau olahan, daging merah, dan juga gorengan seringkali menyebabkan susah buang air besar. Selain itu, minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi juga bisa menjadi pemicu sembelit.

4. Suka menahan BAB
Suka menahan buang air besar juga sering dilakukan oleh sebagian orang. Padahal hal ini bisa meredupkan hasrat naluriah atau sinyal untuk buang air besar. Beberapa alasan mengapa sebagian orang suka menahan buang air besar biasanya dikarenakan terlalu sibuk atau tidak menemukan toilet ketika di area publik.

5. Kurang minum air dan konsumsi serat
Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa penyebab susah buang air besar umumnya adalah kurang minum air dan jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Sinyal untuk buang air besar biasanya ditandai rasa mulas saat perut terasa penuh. Perasaan penuh di perut ini bisa diperoleh dari makanan berserat seperti buah dan sayuran.

via Detik | image : geraiherba.com

: Tuesday, April 30th, 2013
: , , ,
: penyebab susah buang air besar, penyebab susah bab, susah buang air besar, penyebab BAB tidak lancar, akibat susah buang air besar, penyebab sulit bab, BAB tidak lancar, kenapa susah buang air besar, jarang buang air besar, akibat susah bab
Segala informasi yang ada di situs ini disediakan hanya sebagai referensi/rujukan saja dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat profesional. Artikelkesehatan99.com tidak bertanggung jawab atas penggunaan dan penyalahgunaan materi yang ada di situs ini. Semua merek dagang, merek dagang terdaftar, dan servicemarks yang disebutkan di situs ini adalah milik masing-masing pemiliknya.
Mungkin Anda Tertarik Dengan :close