Artikel Kesehatan

5 Penyebab Perut Buncit

KlikShare on Facebook13Tweet about this on Twitter1Share on Google+0

penyebab perut buncitPerut buncit merupakan sumber masalah penampilan seseorang. Tidak hanya itu, perut buncit juga dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Hal ini dikarenakan perut buncit dan obesitas sulit untuk dipisahkan. Obesitas itu sendiri adalah faktor resiko dari berbagai gangguan kesehatan seperti hipertensi, penyumbatan arteri, stroke, hingga penyakit jantung.

Penyebab perut buncit itu sendiri adalah karena mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dan lemak trans terlalu banyak. Menurut dr Phaidon L Toruan yang diwawancarai tim detikhealth, faktor yang mempengaruhi terjadinya perut buncit cukup beragam, mulai dari bawaan hingga faktor lingkungan. Faktor-faktor penyebab perut buncit dijabarkan sebagai berikut :

1. Makan Berlebih
Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, gula halus, vetsin, dan makanan-makanan yang mengandung lemak secara berlebihan bisa membuat tubuh menyimpan lemak. Akibatnya perut akan rawan buncit dan tentunya mengganggu kesehatan juga.

2. Gaya hidup
Gaya hidup sekarang yang menganut faham serba praktis dan instan juga turut mempengaruhi kesehatan tubuh anda. Banyak produk-produk makanan instan yang diiklankan setiap hari, membuat orang tertarik untuk mencobanya, padahal belum tentu produk tersebut sehat bagi tubuh. Anda dianjurkan untuk benar-benar selektif terhadap pemilihan makanan.

3. Penggunaan obat-obatan
Obat-obatan seperti pil KB atau obat lainnya yang dapat memicu produksi hormon estrogen dapat memicu perut buncit. Hal ini dikarenakan hormon estrogen mudah mengikat lemak.

4. Genetik
Yang perlu juga anda ketahui adalah bahwa perut buncit bisa disebabkan pula karena faktor genetik atau juga keturunan. Ada orang-orang yang sejak kecil mempunyai kecenderungan untuk menjadi gemuk, serta mempunyai proses metabolisme yang lebih lambat.

5. Penuaan
Memang tidak bisa dipungkiri bahwa semakin bertambahnya umur, metabolisme tubuh juga ikut melambat. Metabolisme yang melambat ini biasanya terjadi karena massa otot yang ikut berkurang dan biasa dialami ketika usia seseorang diatas 30 tahun. Anda dianjurkan untuk menjaga tubuh anda dengan berolahraga secara teratur sehingga untuk menghindari timbunan lemak pada tubuh anda.

Itulah beberapa penyebab perut buncit, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Artikel Kesehatan

Tanggal Publikasi May 16, 2012
Label
Kata kunci penyebab perut buncit, proses terjadinya perut buncit, faktor perut buncit, faktor yang mempengaruhi perut buncit, penyebab kebuncitan perut