ArtikelKesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan | Kesehatan | Tips Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan

5 Buah Kaya Kalium Selain Pisang

Buah AprikotTidak dipungkiri lagi bahwa manfaat pisang sangatlah banyak. Salah satunya, pisang tinggi akan kalium yang bermanfaat dalam mengatur keseimbangan muatan elektrolit cairan tubuh. Bahkan sebuah penelitian mendukung anggapan bahwa pisang lebih baik dibandingkan minuman olahraga, karena menghasilkan energi alami untuk kebugaran tubuh. Menurut penelitian tersebut, pesepeda yang mengonsumsi pisang dibandingkan dengan pesepeda yang minum minuman olahraga memiliki daya tahan yang berlimpah dan lebih baik.

Satu buah pisang ukuran sedang saja mengandung 422 miligram kalium, 11 % dari 4700 mg kebutuhan kalium orang dewasa sehari-hari. Akan tetapi masih banyak buah lainnya selain pisang yang dapat memberikan sumber kalium yang tinggi. Jadi bagi anda yang tidak mengonsumsi pisang, ada 5 alternatif buah selain pisang yang dapat memberikan sumber kalium, diantaranya adalah :

1. Kurma
Sebutir buah kurma mempunyai kandungan kalium yang cukup besar, yakni 167 miligram. Bagaimana jika kita mengonsumsinya lebih dari 5 butir sehari? Tentunya buah yang kaya akan serat ini dapat menandingi jumlah kalium pada pisang.

2. Alpukat
Buah ini juga mengandung kalium yang tinggi. Satu buah alpukat saja mengandung 975 miligram kalium atau lebih dari separuh jumlah kandungan kalium pada pisang.

3. Aprikot Kering
Mungkin banyak dari anda yang asing dengan buah yang satu ini. Buah emas yang berasal dari sebelah utara dan barat daratan Cina atau Asia Tengah ini tidak kaya akan Vitamin A dan Vitamin C, namun juga mengandung kalium yang cukup tinggi. Buah aprikot kering (melalui proses pengeringan) memiliki kandungan 257 miligram kalium setiap porsi seperempat cangkir.

4. Cantaloupe
Cantaloupe atau yang kita kenal dengan melon jingga mengandung kalium yang cukup tinggi. Satu porsi buah segar ini (134 grams) mengandung 358 miligram kalium. Lebihkan sedikit porsinya maka anda akan mendapatkan jumlah kalium yang setara dengan sebuah pisang.

5. Pepaya
Buah yang satu ini banyak dijumpai di Indonesia. Walaupun harganya terjangkau, namun pepaya memberikan manfaat yang banyak bagi kesehatan. Selain tinggi akan serat, pepaya juga tinggi akan kalium. Sepotong pepaya ukuran 2,5 cm mempunyai kandungan kalium sebanyak 264 miligram. Dengan menambahkan sepotong lagi, maka anda akan mendapatkan jumlah kalium lebih banyak dari pisang.

Bagi anda yang tidak suka dengan pisang, maka kelima buah-buahan tersebut mungkin bisa anda coba untuk memenuhi kebutuhan kalium sehari-hari. Selamat mencoba..

Artikel Kesehatan | via huffingtonpost

: Wednesday, September 26th, 2012
: , ,
: makanan yang mengandung kalium, kalium, makanan yang mengandung kalium tinggi, makanan mengandung kalium, buah yang mengandung kalium, makanan yang banyak mengandung kalium, makanan tinggi kalium, buah yang mengandung kalium tinggi, makanan yg mengandung kalium, makanan mengandung kalium tinggi
Segala informasi yang ada di situs ini disediakan hanya sebagai referensi/rujukan saja dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat profesional. Artikelkesehatan99.com tidak bertanggung jawab atas penggunaan dan penyalahgunaan materi yang ada di situs ini. Semua merek dagang, merek dagang terdaftar, dan servicemarks yang disebutkan di situs ini adalah milik masing-masing pemiliknya.