ArtikelKesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan | Kesehatan | Tips Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan
Artikelkesehatan99.com - 99% Artikel Kesehatan

4 Tips Mencegah Anak Obesitas

Sebarkan artikel iniShare on Facebook3Tweet about this on Twitter1Share on Google+0

Tips mencegah obesitas pada anakAK99 – Angka obesitas pada anak kian hari kian meningkat dan itu sangat mengkhawatirkan. Hal ini juga akan berpengaruh dengan melonjaknya jumlah anak yang menderita diabetes. Menurut data perhimpunan endikronologi anak, jumlah peningkatan kasus diabetes pada anak di Indonesia mencapai 500 persen. Indonesia berada pada urutan ke-6 di Asia untuk jumlah anak yang menderita diabetes terbanyak, tutur dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A (K). Menurut beliau, apabila tidak dilakukan tindakan preventif dengan segera, maka bisa jadi Indonesia berada di posisi ke-4 tahun depan.

Permasalahan ini harus segera dicegah, dan peran orang tua dalam hal ini sangatlah penting. Orang tua harus mengontrol pola makan dan menerapkan pola hidup sehat anak mereka. Teknisnya, para orang tua harus menjadi contoh bagi mereka, jadi jangan hanya menyuruh anak untuk bergaya hidup sehat, namun mereka sendiri tidak menerapkannya. Setiap individu dalam satu keluarga seharusnya terlibat dalam menerapkan pola hidup sehat.

Bagi orang tua yang masih kesulitan bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat bagi keluarga khususnya anak-anak, dr. Aman memberikan beberapa tips sederhana yang bisa anda coba. Seperti yang dikutip dari Health Kompas, tips ini dirumuskan dalam bentuk 5-2-1-0, yang berarti :

5 kali sehari makan buah dan sayur
Anak dianjurkan mengonsumsi buah dan sayur minimal sebanyak 5 kali sehari.

2 jam adalah waktu maksimal untuk duduk diam
Jangan biarkan anak anda untuk terus duduk diam sambil main game atau menonton tayangan televisi selama lebih dari 2 jam.

1 jam setiap hari untuk beraktivitas
Anak harus aktif untuk melakukan aktivitas setidaknya 1 jam per hari. Anak juga disarankan untuk melakukan aktivitas yang berat seperti olahraga, 3 kali selama 20 menit tiap minggunya.

Hindari anak dari asupan gula tambahan
Anak tidak diperkenankan untuk mengonsumsi gula tambahan terlalu banyak selain dari makanan utama yang memenuhi kebutuhan kalorinya. Sebisa mungkin untuk menghindari permen atau makanan-makanan manis lainnya. Jika anak mengonsumsi susu, pastikan untuk memilih susu yang tidak mengandung gula tambahan.

Artikel Kesehatan | Health Kompas | foto : policymic.com

: Thursday, December 20th, 2012
: , , , ,
:
Segala informasi yang ada di situs ini disediakan hanya sebagai referensi/rujukan saja dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat profesional. Artikelkesehatan99.com tidak bertanggung jawab atas penggunaan dan penyalahgunaan materi yang ada di situs ini. Semua merek dagang, merek dagang terdaftar, dan servicemarks yang disebutkan di situs ini adalah milik masing-masing pemiliknya.
Mungkin Anda Tertarik Dengan :close